yoo guys ketemu lagi dengan gwa adjie angga pangestu (calon animator sukses:D)
kali ini gua bakal ng share lagi tentang postingan sebelumnya ..
a.
Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
Gambar 12. Joy Stick dan Games Padlle
b.
Barcode
Barcode termasuk dalam unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik, buku dan lainnya. Sekarang
ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk
mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan menggunakan barcode.
Gambar 13. Barcode
c.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat
yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang
kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya,
disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Fungsi scanner ini mirip seperti
mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada
kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih
dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian
dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain
scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi
lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan
lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar
Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri
dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition)
untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan
scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip
seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan
formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah.Dengan DMR lembar jawaban tidak
harus dijawab menggunaan pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya
seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
Gambar 14. Scanner
d.
Camera
Digital
Perkembangan teknologi telah
begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini
dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih
baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.
Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.Kemudahan
dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.Kamera
digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil
dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk
file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital
yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis
kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan
gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Gambar 15. Kamera Digital
e.
Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi
untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer
atau untuk mendengarkan suara.
Gambar 16. Mikrofon
f.
Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided
Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat
dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan
untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Gambar 17. Graphics Pads
yoo guys segitu aja postinga kali ini , di postingan selanjutnya loe bakal lebih tau tentang multimedia:D jangan lupa di like
Tidak ada komentar:
Posting Komentar