oke guys ketemu lagi dengan gua adjie angga pangestu ( calon anmator sukses:D)
kali ini gua bakal ng bahas tentang ini
Perbandingan Edmodo dengan Facebook dapat dilihat pada tabel berikut.
No
|
Fitur
|
Edmodo
|
Facebook (FB)
|
1.
|
Siswa membangun jaringan pembelajaran pribadi
|
Siswa tidak dapat membangun jaringan
pembelajaran pribadi. Keanggotaan Edmodo terbatas di ruang kelas yang
ditentukan oleh guru.
|
FB memungkinkan “siapa saja”
untuk membuat jaringan pertemanan maupun jaringan pembelajaran sendiri dengan
mereka yang mempunyai semangat atau minat serupa.
|
2.
|
Guru membangun jaringan pembelajaran pribadi
|
Guru membuat kelas, kemudian membagikan
kode kelas kepada para siswa yang akan digunakan sebagai password untuk masuk kelas. Hanya mereka yang terdaftar
yang dapat saling berbagi sumber belajar (resources).
|
FB adalah tempat terbuka bagi
guru atau siapa saja untuk membuat jejaring pembelajaran pribadi menggunakan
kelompok (group) atau halaman.
Pencarian dapat dilakukan dengan mengetik kata kunci yang diminati pada search.
|
3.
|
Pengguna dibatasi minimal berumur 13 tahun
|
Edmodo tidak memerlukan
informasi tersebut karena siswa di bawah pengawasan seorang guru
|
FB mengumpulkan informasi
pribadi para peserta / siswa.
|
4.
|
Akses dari sekolah
|
Situs Edmodo dapat diakses dari sekolah.
|
Kebanyakan situs seperti FB diblokir oleh sekolah.
|
5.
|
Iklan
|
Edmodo memiliki model pendanaan dari sumber lain.
|
FB didanai oleh iklan.
|
6.
|
Tidak berbayar (free)
|
Ya, semua fitur pada platform tersebut bebas digunakan / tidak berbayar
|
|
7.
|
Kelompok tertutup dimoderasi
|
Ya, semua platform
memungkinkan pembuatan kelompok tertutup dan dimoderasi.
|
|
8.
|
Kelompok terbuka dimoderasi
|
Bukan, Edmodo adalah kelompok tertutup. Hanya
yang terdaftar, yang dapat menjadi peserta.Edmodo dimoderasi oleh guru.
|
FBadalah kelompok yang terbuka, tanpa dimoderasi, dan
memberi kemungkinan kepada siapa saja untuk menemukan kelompok dan bergabung
dalam FB
|
9.
|
Pesan pribadi antarsiswa (chatting)
|
Edmodo tidak memungkinkan pengiriman pesan
antarsiswa(chatting)
|
Pengguna FB dapat mengatur profil pribadinya untuk menerima atau tidak menerima pesan
pribadi.
|
10.
|
Agenda dalam bentuk planner atau kalender
|
Ada, tetapi tidak memiliki fitur RSVP *)
|
Ada, dilengkapi dengan fitur RSVP*)
|
11.
|
Hubungan Global
|
Anda hanya dapat terkoneksi dengan kawan-kawan di
kelas maupun kelas lain yang diarahkan oleh rekan Anda.
|
Anda dapat terkoneksi secara bebas kepada
kawan-kawan yang Anda kehendaki.
|
12.
|
Posting tugas siswa
|
Sangat mungkin. Edmodo memang dirancang untuk
pembelajaran dengan sistem yang rapi dan lebih baik.
|
Dapat dilakukan, tetapi pada FB agak kurang
nyaman karena terlalu terbuka.
|
13.
|
Pengawas (Kepala Sekolah dll)
|
Jika dikehendaki, dapat diikutsertakan dalam
kelas untuk melihat aktivitas kelas
|
Tersedia, namun jarang diikutsertakan
|
14.
|
Orang tua
|
Jika dikehendaki, dapat diikutsertakan untuk
melihat aktivitas kelas
|
Orang tua hanya melihat informasi umum
|
15.
|
Integrasi Google Docs
|
Google Docs terintegrasi langsung ke dalam platformEdmodo
|
Google Docs tidak terintegrasi dengan FB, tetapi
tautan (links) tetap dapat dimuat
pada Google Docs.
|
16.
|
Pembuatan Polling
|
Dimungkinkan, pilih “Create Poll”
|
Dimungkinkan, pilih “AskQuestion”
|
17.
|
Pembuatan Kuis
|
Pembuatan Kuis melekat pada platform Edmodo,
cukup dengan memilih “CreateQuiz”.
|
Tidak tersedia, tetapi dapat disisipkan kuis
pada FB.
|
18.
|
Akses setelah lulus
|
Edmodo adalah platform berbasis kelas
dan biasanya tidak dilanjutkan setelah pergantian tahun ajaran atau kelulusan
|
Tersedia, karena semua kegiatan
di FB masih tersedia meskipun Andatelah
meninggalkan kelas atau kelulusan, kecuali jika grup dihapus
|
19.
|
Buku nilai dan tugas
|
Edmodo memang LMS (Learning Management System) yang dapat
menangkap dan merekam karya siswa
|
Tidak ada, FB tidak memiliki fitur tersebut
|
20.
|
Informasi pribadi para pengguna
|
Edmodo tidak memerlukan.
|
FB memerlukan informasi pribadi dan
menggunakannya untuk pengiklanan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar