Selasa, 24 Mei 2016

Glosarium sistem operasi


GLOSSARIUM


Istilah
Arti
Command Line Interface (CLI)
Antar-muka atau interface untuk manusia dan komputer yang berbasis text.  User dapat berkomunikasi dengan sistem dengan mode text menggunakan terminal pada sistem operasi Linux.
Debian
Merupakan salah satu contoh sistem Operasi Berbasis Linux, dengan alamat official website  http://www.debian.org.
Graphical User Interface (GUI)
Antar-muka atau interface untuk manusia dan komputer yang berbasis grafis, sehingga nyaman dan mudah digunakan dan dioperasikan
Kernel
Bagian dari sistem operasi yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer
Linux
Merupakan sistem operasi yang berbasis Open Source
Repository
Tempat penyimpanan kumpulan-kumpulan software/ aplikasi yang bisa didownload untuk digunakan atau dapat diartikan sebuah arsip software yang ada pada media penyimpanan atau internet.  Pada prinsipnya, setiap menginstall software di Linux, maka diperlukan repository, sehingga Linux akan mencari software tersebut pada repository. Apabila repositiry telah ditemukan, maka proses instalasi akan dilanjutan. Tempat penyimpanan yang sering digunakan adalah CD/DVD, Harddisk, Server atau Internet.
Shell
Bagian dari interface yang menghubungkan antara aplikasi dengan user. User dapat berinteraksi dengan sheel menggunakan mode text, yang sering disebut dengan  command line interface (CLI) atau mode grafis, disebut dengan  graphical user interface (GUI).
Wheezy
Merupakan pengembangan distro Debian Versi 7.X. dilaunching pertama kali pada tanggal 4 Mei 2013, dan sampai saat ini  (14 Desember 2013) sudah sampai pada versi 7.3.


Angga PangestuA Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar