Selasa, 24 Mei 2016

Pengolahan interupsi saat perangkat I/O telah menyelesaikan sebuah operasi I/O


·      Perangkat I/O akan mengirimkan sinyal interupsi ke CPU.
·      CPU menyelesaikan operasi yang sedang dijalankannya kemudian merespon interupsi. 
·      CPU memeriksa interupsi tersebut, kalau valid maka CPU akan mengirimkan sinyal acknowledgment ke perangkat I/O untuk menghentikan interupsinya. 
·      CPU mempersiapkan pengontrolan transfer ke routine interupsi.            Hal yang dilakukan adalah menyimpan informasi yang diperlukan untuk melanjutkan operasi yang tadi dijalankan sebelum adanya interupsi. Informasi yang diperlukan berupa : (a). Status prosesor, berisi register yang dipanggil PSW (program status word).  (b). Lokasi intruksi berikutnya yang akan dieksekusi.  Informasi tersebut kemudian disimpan dalam stack pengontrol sistem.
·      Kemudian CPU akan menyimpan PC (program counter) eksekusi sebelum interupsi ke stack pengontrol bersama informasi PSW. Selanjutnya mempersiapkan PC untuk penanganan interupsi. 
·      Selanjutnya CPU memproses interupsi sempai selesai.
·      Apabila       pengolahan interupsi selasai, CPU akan memanggil kembali informasi yang telah disimpan pada stack pengontrol untuk meneruskan operasi sebelum interupsi.

Angga PangestuA Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar